Tips Liburan Murah Ke Gunung Bromo

Tips Liburan Murah Ke Gunung Bromo

Tips liburan murah ke Gunung Bromo. Siapa yang tidak kenal Gunung Bromo? Memang gunung yang satu ini memiliki keindahan panorama alam yang sangat mempesona. Gunung yang terletak di empat kabupaten yaitu Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang ini sudah sangat terkenal baik oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. 

Sebagian orang beranggapan bahwa untuk berwisata di Gunung Bromo kita harus mengeluarkan dana yang cukup besar. Anggapan itu bagi saya tidak sepenuhnya benar, karena bila kita mengerti yang sesungguhnya, wisata Gunung Bromo ternyata sangatlah murah dan tidak semahal yang orang bayangkan.

tips liburan murah ke gunung bromo
Gunung Bromo

1. Pilih penginapan yang berjenis homestay. Penginapan jenis ini banyak kita jumpai di dekat pintu masuk tempat wisata Bromo (sekitar 50 - 100 meter). Harga homestay lebih murah dari hotel yaitu berkisar 200 - 300 ribu permalam dengan fasilitas 2 kamar tidur ditambah extra bed 2 buah yang berada di ruang tamu dan ruang tv. Homestay ini sangat cocok bagi anda yang akan berlibur beramai-ramai.

2Hindari memilih penginapan yang letaknya jauh dari pintu masuk. Selain karena harus mengeluarkan ongkos lagi untuk menuju ke tempat wisata, kita harus mengejar waktu saat matahari terbit, dan itu sangat menyusahkan.

3. Pandai - pandai menawar jasa yang ada di Bromo seperti ojek motor, Jeep, naik kuda, dan lain-lain. Saran saya gunakan jasa ojek motor untuk menuju pura yang berada di lautan pasir. Biasanya tarif ojek dari pintu masuk ke pura sebesar Rp 10 ribu per orang. Kalau naik kuda lebih mahal lagi. Bisa juga ramai-ramai menyewa jasa mobil jenis hardtop atau jeep dengan ongkos tak lebih dari Rp 100 ribu.

4. Bila tak membawa perlengkapan, belilah perlengkapan seperti sarung tangan, kaos kaki, shal, tutup kepala/kupluk di counter yang letaknya berada di sekitar terminal, tidak jauh dari pintu masuk karena harganya lebih murah daripada yang dijajahkan oleh pedagang asongan.

Berikut daftar harga di Gunung Bromo (update Mei 2013) :
  • Hotel : Rp 400 - 500 ribu per kamar per malam
  • Homestay : Rp 200 - 300 ribu per rumah per malam
  • Tiket masuk : Rp 7.500 per orang
  • Ojek motor : Rp 10.000 per orang (pintu masuk sampai pura)
  • Jeep : Rp 100.000 per mobil
  • Naik Kuda : Rp 25 ribu - 40 ribu per orang (pintu masuk / terminal sampai pura)
  • Sarung tangan : Rp 3000 per pasang
  • Kupluk : Rp 8 ribu
  • Kaos kaki : Rp 7 ribu
  • Shal : Rp 7 - 15 ribu

Semoga artikel tentang tips liburan murah ke Gunung Bromo ini bisa menjadi referensi anda menyambut masa liburan yang segera datang. 




5 comments:

  1. terima kasih informasinya, bermanfaat banget
    detail
    sampai perician nginep di hotel sampai berli shal

    smeoga Bromo semakin banyak pengunjung

    ReplyDelete
  2. Pada knyataannya saya dpt hrgnya 2x lipat dr harga diatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. pintar2 aja sob nawarnya, tapi kalo untuk jeep memang sekarang agak mahal, paling murah 400ribu...

      Delete

Contact Us

Name

Email *

Message *