Pesona Danau Kerinci, Jambi

Danau Kerinci. Indonesia kaya akan objek wisata alam baik berupa pantai, gunung, laut, ataupun danau. Salah satu objek wisata danau yang bisa dikunjungi adalah Danau Kerinci yang terletak di kaki Gunung Raja di Kabupaten Kerinci, Propinsi Jambi, Indonesia.

Danau vulkanik yang berada pada ketinggian 783 meter dpl ini memiliki luas 4.200 hektar dengan kedalaman 110 meter. Danau yang memiliki keliling 70 kilometer ini merupakan salah satu danau terbesar di Sumatera, selain Danau Toba dan Danau Maninjau.

Danau Kerinci
Pemandangan yang disajikan di kawasan Danau Kerinci ini memang sangat indah, air danaunya yang jernih dengan latar belakang pegunungan hijau dan anggun, serasa menjadi perpaduan yang pas dimata. Di tengah danau terlihat perahu-perahu nelayan yang mengarungi danau sambil mencari ikan untuk kebutuhan sehari-hari. Selain itu pengunjung bisa menyewa speedboat untuk berkeliling danau. Di desa-desa sekitar danau terdapat batu-batu berukir peninggalan masa megalit dari 2000 tahun yang lalu.

Festival Danau Kerinci
Untuk meningkatkan kunjungan para wisatawan di Danau Kerinci ini, setiap tahunnya diadakan Festival Danau Kerinci yang menampilkan atraksi kesenian masyarakat Jambi, sehingga bisa mendongkrak perekonomian masyarakat setempat.

Keberadaan Danau Kerinci ini selalu dikait-kaitkan dengan legenda masyarakat setempat yaitu, Calupat dan Calungga, saudara kembar yatim piatu yang memiliki pusaka batu merah delima dan batu putih yang tinggal di kaki Gunung Kerinci.

Kembali ke Danau Kerinci lagi, untuk sementara ini, fasilitas hotel berbintang di kawasan Danau Kerinci memang belum ada, namun pengunjung tidak usah kuatir karena terdapat sejumlah hotel melati di kota Sungai Penuh, ibukota Kabupaten Kerinci dengan harga berkisar antara Rp 15.000 - Rp 100.000 per malam.

Balap Perahu
Jangan lupa juga untuk mencicipi kuliner khas danau Kerinci yaitu Beras Payo, Gulai Ikan Semah, Dendeng Beteko, Kacang Tojin, Lemang dan Jeruk Pelompek, sekalian juga minum Kopi Kerinci dan Teh Kayu Aro-nya. Atau bisa juga mencoba makanan ringannya seperti dodol kentang, keripik kentang, ubi jalar, sirup terong Belanda, dan minuman energi yang berbahan baku kulit manis.

Untuk menuju lokasi danau ini memang memakan waktu yang cukup lama, dari kota Jambi yang berjarak 500 km dari danau ini, bisa menghabiskan waktu 10 jam perjalanan. Atau bila dari Kota Padang jarak tempuhnya selama 7 jam. Tiket masuknya sebesar Rp 4.000, tapi kadang-kadang pada waktu hari besar seperti lebaran bisa naik menjadi Rp 15.000.


Blog, Updated at: 11:59 AM

6 comments:

  1. ini memang mantap sobat, saya sudah dari sana
    jangan lupa mampir yah
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti keren sob ya...trims komennya...

      Delete
  2. Teringin lihat bali depan mata,, pasti menawan

    ReplyDelete
  3. Harga tiket yang bisa melonjak tajam. Harus kena teguran tu !

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang, tapi tetap aja banyak yang berkunjung soalnya selain pemandangannya yang indah, bagi sebagian orang wajar dengan kenaikan harga segitu mengingat momen liburan....

      Delete
  4. kira2 hotel yg paling bagus namanya apamya kak? Thx

    ReplyDelete

Artikel Terbaru

Advertisement

Google+ Followers

Arsip Blog