Gili Trawangan, Di Pulau Ini Tidak Ada Kendaraan Bermotor

Gili Trawangan, Di Pulau Ini Tidak Ada Kendaraan Bermotor

Gili Trawangan merupakan salah satu pulau atau gili diantara dua gili lainnya yang berada di sebelah dekat di sebelah barat laut Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gili Trawangan memiliki ukuran wilayah yang paling luas dan fasilitas paling lengkap dibandingkan dengan dua gili lain yaitu Gili Meno dan Gili Air. Dengan panjang 3 kilometer dan lebar 2 kilometer, pulau ini dihuni sedikitnya 800.000 jiwa. 

Di pulau yang memiliki luas 340 hektar ini, sobat tidak akan menemukan kendaraan bermotor, karena memang aturan lokal disini tidak mengizinkan kendaraan bermesin tersebut untuk ada. Sebagai gantinya terdapat sarana transportasi lain yaitu sepeda angin dan Cidomo, yaitu sejenis kereta yang ditarik oleh kuda, ya miriplah sama delman atau dokar di Jawa. 

Tiga Gili
Biasanya para wisatawan memanfaatkan Cidomo dan sepeda angin untuk mengelilingi pulau ini. Biasanya tarif yang dipatok untuk menaiki Cidomo sebesar Rp 125.000 untuk 3 orang penumpang. Sedangkan untuk tarif sewa sepeda angin berkisar Rp 30.000 - Rp 50.000 untuk seharian penuh.

Cidomo
Karena tidak ada kendaraan bermotor di pulau ini, sudah pasti udara yang ada begitu bersih dan sehat, ditambah lagi dengan keindahan alam yang ada di pulau ini. Gili Trawangan sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan luar negeri akan keindahan pantai dan bawah lautnya. Salah satu pantai yang ada di pulau ini dan juga merupakan salah satu pantai terindah di Indonesia versi aku adalah Pantai Gili Trawangan.

Pantai Gili Trawangan
Di pantai ini biasanya para wisatawan melakukan olahraga air seperti diving dan snorkeling karena memang pemandangan bawah laut di pantai ini sangat indah. Selain itu ada beberapa permainan air yang ditawarkan disini seperti banana boat dan bermain kayak.

Keindahan Bawah Laut
Karena merupakan objek wisata yang berkelas internasional, tidak heran bila fasilitas yang ada di pulau ini juga nomor satu. Di pulau ini terdapat banyak sekali hotel dan penginapan baik kelas melati maupun berbintang dari yang tarifnya ratusan ribu sampai jutaan rupiah semalam. Selain itu terdapat juga kafe-kafe, pub, restoran yang berjejer sepanjang tepi pantai. Pokoknya gak kalah dengan Pulau Bali deh.

Untuk mencapai pulau ini, dari Kota Mataram, ibukota Propinsi Nusa Tenggara Barat, sobat bisa menggunakan taksi menuju Pelabuhan Bangsal dengan tarif Rp 100.000. Selanjutnya dari pelabuhan tersebut sobat menyeberang menggunakan kapal boat dengan ongkos Rp 20.000/orang, sampai deh di Gili Trawangan. 

Kapal Menuju Gili Trawangan
Bila naik taksi masih kemahalan, sobat bisa naik angkutan umum dari Terminal Mandalika, Mataram ke Desa Pemenang dengan ongkos Rp 15.000 selama 2 jam. Selanjutnya dari Desa Pemenang, naik ojek selama 15 menit ke Pelabuhan Bangsal dengan ongkos ojek Rp 5.000. Selanjutnya dari Pelabuhan Bangsal menyeberang ke Gili Trawangan.

Bila sobat berangkat dari Pulau Bali, dari Pelabuhan Padang Bai di Bali sobat menyeberang menggunakan kapal ferry selama 5 jam perjalanan menuju Pelabuhan Lembar di Pulau Lombok dengan tarif Rp 60.000/orang. Ongkosnya akan berbeda bila sobat menyeberang sambil membawa kendaraan bermotor. Dari Pelabuhan Lembar, sobat lanjutkan perjalanan menuju ke Kota Mataram selama 1 jam menggunakan angkutan umum dengan ongkos Rp 10.000. Perjalanan selanjutnya sama seperti yang diatas. Selamat menikmati Liburan Natal dan Tahun Baru di gili Trawangan.




3 comments:

  1. Wow, what a nice & amazing post this is. I am very glad to view this informative post. Thanks...





    luxury villa

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog