Pulau Sempu, Keindahan Laguna Yang Sempu(rna)

Pulau Sempu, Keindahan Laguna Yang Sempu(rna)

Keindahan alam Pulau Sempu terbukti mampu menyita kekaguman pengunjung. Cagar alam yang berada di Malang Selatan ini punya pesona tersendiri. Pulau seluas 877 hektar ini mempunyai 20 pantai yang keindahannya begitu memukau.

Salah satunya adalah Pantai Segara Anakan yang telah tersohor hingga mancanegara. Pasir putihnya yang berpadu dengan ombak tenang menciptakan harmonisasi alam yang dapat melepaskan penat.

Untuk menuju pantai ini pengunjung harus lebih dulu menuju Pulau Sempu dengan menyeberangi selat sempu dari Pelabuhan Sendang Biru menggunakan perahu motor. Penyeberangan memakan waktu 15 menit dengan biaya Rp 100 ribu pulang pergi.

Segara Anakan Di Pulau Sempu
Setelah itu pengunjung harus berjalan kali sejauh 2,5 kilometer menembus belantara hutan tropis. Biasanya jarak itu ditempuh sekitar 1-1,5 jam. Waktu tempuh bisa lebih lama pada musim hujan.

Masih Alami
Bagi pengunjung yang pertama kali ke tempat ini, ada baiknya menyewa jasa pemandu. Sebab medan hutan belantara memungkinkan setiap orang bisa tersesat. Biaya jasa pemandu sebesar Rp 100 ribu.

Siapapun akan puas ketika telah sampai di pantai ini. Segara anakan merupakan laguna (danau air laut) yang dikelilingi tebing tinggi yang memisahkannya dengan Samudera Hindia. Perairannya dangkal membuat pengunjung bisa menyelam menikmati indhnya terumbu karang. Selain itu pengunjung juga bisa berenang ataupun memancing.

Tenda-Tenda
Di sekitar laguna, banyak pengunjung yang mendirikan tenda untuk tempat berteduh dan menyimpan barang-barang, bahkan tak jarang yang bermalam di Segara Anakan ini sambil menikmati keindahan alam tiada tanding ini.

Peta Pulau Sempu
Sebagai kawasan konservasi yang dilindungi, pulau ini tidak berpenduduk dan hanya terdiri dari hutan berbukit yang sebagian besar adalah hutan mangrove. Karenanya, sebelum menuju Pulau Sempu, setiap pengunjung diwajibkan melapor ke posko kunjungan yang berada di pelabuhan Sendang Biru. Tertarik!!..

Sebenarnya informasi tentang Pulau Sempu sudah pernah aku posting beberapa bulan lalu, tapi karena keindahan alamnya yang begitu memukau, membuat hati ini ingin mengeluarkan isi pikiran tentang pulau yang indah ini. Semoga sobat gak bosen ya, hehehe....




7 comments:

  1. bukan main indahnya laguna ini. tidak akan ada kata menyesal mendatangi tempat ini. "pesta pantai" pun oke. Saya bisa berkata demikian karna saya baru saja ke tempat itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. siipp sob, trima kasih atas komennya sob...

      Delete
  2. Indah banget sob.. kapan ya bisa kesitu :(

    ReplyDelete
  3. indah banget pemandangannya sob, iya yah, kapan yah bisa liburan ke situ ... pengen banget deh

    ReplyDelete
  4. @bahribux...dijamin gak nyesel kalo kesini sob...
    @eka...pemandangannya tiada duanya kawan...

    ReplyDelete
  5. Hi mas, apa mas pernah nginep sempu juga? katanya pemandangan malam nya juga bagus dan nunggu sunrise di karang itu bagus juga apa benar? karena saya kesana cuma datang siang hari n ngak nginep. pengen kesana lagi and coba bermalam. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, aku juga belum pernah nginep kesana, pengen banget nginep tapi nunggu waktu yang tepat....

      Delete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog