Borobudur, Candi Budha Terbesar di Dunia

Borobudur, Candi Budha Terbesar di Dunia

Obyek Wisata Candi Borobudur terletak di kota Magelang, sekitar 40 km sebelah barat laut kota Yogyakarta. Candi ini berbentuk stupa yang merupakan candi umat budha terbesar di dunia yang didirikan oleh penganut agam budha Mahayana sekitar tahun 800-an masehi di masa pemerintahan wangsa Syailendra. Terdapat 2.672 relief dan 504 buah arca budha. Stupa utama terletak di tengah sekaligus memahkotai candi tersebut sehingga terlihat sangat megah.

Candi Borobudur sendiri telah mengalami pemugaran beberapa kali di karena kan sempat dirusak oleh penjajah, pemugaran terbesar terjadi tahun 1975 dan 1982. Dan atas upaya pemerintah Republik Indonesia dan UNESCO, maka sekarang candi ini masuk ke dalam situs warisan dunia.

Borobudur sendiri terletak diatas bukit pada dataran yang dikelilingi dua gunung kembar yaitu gunung Sundoro - Sumbing dan Merbabu - Merapi. 

Tiap tahun umat budha dari seluruh Indonesia dan dunia berkumpul di candi ini untuk memperingati Trisuci Waisak. Dalam dunia pariwisata, Borobudur merupakan obyek wisata tunggal yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan itu karena namanya yang telah mendunia.

Di kawasan wisata candi Borobudur sobat bisa membeli souvenir khas candi Borobudur dengan harga yang cukup murah asalkan sobat pandai tawar menawar. 

Siapa sangka bangunan megah dan indah ini pernah ditelantarkan. Ya...dahulu sebelum ditemukan seperti sekarang ini, candi ini tertutup oleh debu vulkanik dan ditumbuhi oleh semak belukar sehingga terlihat seperti bukit. 

Hingga pada tahun 1835 oleh pemerintahan Hindia Belanda bangunan suci ini ditemukan dan berdiri sampai sekarang. Menurut sumber, orang yang paling berjasa atas penemuan kembali candi ini adalah Thomas Stamford Raflles yaitu seorang Gubernur Jenderal yang ditunjuk oleh pemerintahan Britania.



1 comments:

  1. INFORMASINYA menarik dan sangat JELAS bagi

    PEMBACANYA, semoga USAHANYA semakin MAJU.

    0878-6053-4593 (XL)

    0274-743 4961 (Flexi)

    http://homestayyogyakarta.com/

    ReplyDelete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog