Tips Touring Motor ke Bali

Tips Touring Motor ke Bali

Bila anda berencana liburan ke Bali naik motor dari surabaya, ada tips dari saya yang akan saya bagikan untuk anda.Tips ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya waktu Touring ke Bali beberapa waktu lalu.Dalam melakukan perjalanan jauh seperti Touring, kita harus memastikan semuanya sudah siap, baik dalam hal dana, perlengkapan, dan hal-hal lain yang mendukung itu semua.Berikut tips-tips nya:

Sebelum Berangkat :
  • Cek kondisi motor yang akan digunakan :  lampu, rem, tekanan angin, kondisi ban, pengapian, rantai gear, spion dll semua harus dalam kondisi prima.Saran saya sebelum berangkat, motor sebaiknya di-servis total dan ganti oli apalagi bila jarak tempuhnya sangat jauh dan sebaiknya membawa Busi cadangan beserta peralatannya seperti obeng dan sebagainya.Dan jangan lupa periksa juga surat-surat kendaraan bermotor anda sebelum berangkat.
  • Bawa perlengkapan berkendara yang standart/baik : seperti helm, jaket, rompi, sarung tangan, masker dll.Perlengkapan diatas harus benar-benar diperhatikan khususnya helm, gunakan helm yang standart SNI dan pastikan kaca helm dapat digunakan pada siang dan malam hari.Sangat disarankan untuk memakai sepatu dalam berkendara daripada hanya memakai sandal.Bawa juga jas hujan bila anda Touring pada waktu musim hujan.Usahakan pilih jas hujan bentuk baju jangan bentuk mantel/jubah karena sangat mengganggu dalam berkendara.
  • Bawa barang-barang yang dibutuhkan dalam perjalanan : seperti peta, buku tentang Bali, handphone, makanan, air minum, obat-obatan.Untuk peta sangat diperlukan dalam hal ini.Saran saya bawa 2 bh peta.Peta pertama adalah peta perjalanan dari kota anda menuju ke Bali.Peta kedua adalah peta Pulau Bali itu sendiri dan lebih baik lagi bawa peta kota Denpasar karena nantinya anda pasti akan mencari tempat menginap di daerah itu.Untuk buku, bawa buku yang berisikan tentang informasi mengenai Bali seperti hotel dan sebagainya karena hal itu sangat berguna saat anda sampai disana.Untuk makanan dan minuman sebaiknya anda membawa seperlunya saja dan sebaiknya anda makan dulu sebelum berangkat.
  • Periksa isi dompet anda : seperti uang tunai, kartu ATM, KTP, SIM dan surat berharga lainnya.Bagi anda yang membawa uang tunai lumayan banyak sebaiknya tidak disimpan di satu tempat saja untuk menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan.Pastikan juga anda membawa KTP yang masih berlaku karena akan ada pemeriksaan KTP sesudah kita turun dari kapal dan itu tidak bisa digantikan dengan ID Card lain seperti SIM atau yang lain.
  • Berdoa : Setelah semua perlengkapan dan barang-barang sudah anda periksa dengan teliti, hal yang tak boleh tertinggal adalah berdoa, agar perjalanan kita selamat sampai tujuan.

Dalam Perjalanan :

  • Pastikan anda membawa peta : Peta sangat berguna untuk petunjuk jalan anda.Tidak semua jalan terdapat petunjuk yang jelas dan disinilah gunanya peta yang anda bawa.
  • Berhentilah sejenak bila lelah  : Minimal 2 jam sekali anda berhenti untuk menjaga kondisi tubuh anda dan motor anda.Karena suhu udara di dalam roda motor anda akan meningkat bila anda paksa untuk melaju terus dan itu akan menyebabkan tekanan udara di dalamnya akan meningkat pula sehingga akan menyebabkan pecah ban dan itu tidak kita inginkan.
  • Beristirahat bila mengantuk : Jangan anda paksakan bila anda merasa mengantuk dijalan sebaiknya anda berhenti sejenak di tempat yang aman untuk istirahat atau tidur sebentar,itu akan memulihkan kondisi badan anda dan sering-sering cuci muka untuk menghindari kantuk selain minum kopi.
  • Nyalakan lampu utama : Agar anda terlihat oleh kendaraan lain baik dari arah belakang maupun depan, lebih baik anda menyalakan lampu motor anda baik pada siang hari terlebih malam hari.
  • Perhatikan dan taati rambu-rambu lalu lintas : Sebagai pengendara yang baik, pasti kita akan mentaati semua rambu-rambu yang ada seperti lampu merah, tidak menyalip dari sisi kiri, tidak kebut-kebutan dan lain-lain.
  • Isi bensin sebelum habis : Ini sangat penting dilakukan apalagi bagi anda yang baru pertama kali ikut touring dan yang tak tahu medan jalan karena bila anda touring anda pasti akan melewati beberapa hutan dan disana tidak ada yang jualan bensin, tidak lucu kan bila kita kehabisan bensin di tengah hutan.

Demikian tips dari saya bila ada tambahan mengenai tips touring silakan isi komentar di bawah ini, selamat Touring dan bersenang-senang.   



5 comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog