Tips Berlibur Ke Pulau Sempu

Bila sobat ada yang berencana berlibur atau berkemah ke Pulau Sempu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan karena pulau ini tidak berpenghuni dan untuk menuju ke pulau yang indah ini perlu perjuangan ekstra keras. Sekadar info untuk menuju ke pulau Sempu kita harus menyeberangi selat menggunakan perahu nelayan yang ada di Pantai Sendang Biru dengan biaya Rp 100.000 pulang pergi.

Pulau Sempu ini merupakan Cagar Alam sehingga para pengunjung harus turut serta melestarikan atau minimal menjaganya seperti tidak membuang sampah sembarangan.   Berikut tips-tips bila sobat berkunjung atau berkemah dan menginap di Pulau Sempu :
  1. Persiapkan kondisi tubuh yang prima, karena perjalanan dari Pantai Semut (tempat pemberhentian perahu) menuju ke Segara Anakan sangat melelahkan. Perjalanan menyusuri hutan lebat ini membutuhkan waktu paling cepat selama 1 jam, itupun tanpa istirahat.
  2. Bawalah bekal air minum yang banyak. Karena di Pulau Sempu, khususnya di Segara Anakan, sumber air tawar tidak ada, sehingga air tawar ini merupakan kebutuhan yang paling utama. Tidak ada penjual makanan atau minuman di Segara Anakan ini. Pengunjung bisa membeli air sebagai bekal di Pantai Sendang Biru sebelum menyeberang ke Pulau Sempu.
  3. Pakailah pakaian yang nyaman. Karena kita akan melewati hutan dengan kondisi jalan setapak yang naik turun, maka lebih baik menggunakan pakaian senyaman mungkin. Saran aku lebih baik menggunakan celana pendek daripada celana panjang. Pakailah juga kaos oblong, kaos tanpa lengan juga lebih baik dan jangan menggunakan jaket karena akan sangat gerah nantinya.
  4. Gunakan sandal atau sepatu kets yang anti slip. Di Pantai Sendang Biru juga menyediakan persewaan sandal anti licin dengan harga Rp 10.000. Kalau sobat kuat bisa berjalan tanpa alas kaki
  5. Bawalah jas hujan apabila cuaca sedang mendung, agar perbekalan sobat tidak basah kuyup oleh air hujan, kalau bisa jas hujan yang berbentuk mantel.
  6. Mintalah nomor telepon nelayan yang menyeberangkan sobat ke Pulau Sempu. Nomor telepon ini sangat penting untuk sobat agar dijemput kembali ke tempat semula. 
  7. Gunakan jasa pemandu bagi sobat yang pertama kali ke pulau ini untuk membawa sobat menuju ke Segara Anakan dan tempat lainnya. Biaya sewa pemandu Rp 100.000. Bila terpaksa tanpa pemandu, ikutilah jalan setapak dengan ciri-ciri jalan yang ada bekas dilalui oleh orang. Untuk mengetahui jalan setapak menuju Segara Anakan agar tidak tersesat, sobat bisa melihat dari banyaknya daun yang ada ditanah dan struktur tanah itu sendiri. Bila daunnya sedikit berarti itu adalah jalan yang benar karena jalan yang sering dilalui orang pasti daunnya akan berkurang. Dilihat dari bentuk tanah, bila tanahnya lebih padat, maka itu merupakan jalan yang benar.
  8. Matikan api sesudah sobat menggunakannya. Bagi sobat yang berkemah di pulau ini, bila memasak atau membuat api unggun, jangan lupa untuk memadamkan kembali apinya.
  9. Bawalah peralatan dokumentasi. Jangan lupa membawa kamera kesayangan sobat untuk mendokumentasi liburan menyenangkan di pulau ini. Pemandangan alam yang sangat indah, sungguh sangat sayang bila kita tidak berfoto-foto.
  10. Bawalah kacamata renang. Hal ini kelihatannya sepele tapi cukup berguna. Air laut di Segara Anakan sangat asin dan bila terkena mata atau selaput tubuh lainnya akan terasa perih, jadi lebih baik membawa kacamata renang agar kegiatan kita berenang lebih maksimal.
  11. Dan terakhir, jagalah kebersihan selama di pulau Sempu. Bila perlu bawa kembali semua sampah yang sudah sobat "hasilkan" keluar dari Pulau Sempu.

Demikian tips yang bisa aku berikan, semoga bermanfaat bagi semua.

16 Komentar untuk "Tips Berlibur Ke Pulau Sempu"

Biaya keseluruhan untuk wisata dari Jogja ke Pulau Sempu berapa kira-kira?

ya gak sampai habisin uang 500 ribu gan...

selain segara anakan ada spot lain g bray..???

Ada sob pantai kembar 1 dan 2,yg kondisi lebih bersih tp gak bisa buat berenang dg bebas krn ombaknya yg besar

brarti kalo nginep mesti camping?

kalo ke pulau sempu kan cagar alam gan tu kalo ke pulau sempu harus ijin dulu gag gan?ato ada biaya laen selain nyewa perahu untuk menyeberang??

bener sob harus bawa tenda sendiri....

biaya tambahannya yaitu untuk masuk ke pulau sempu itu sendiri, biasanya 1 rombongan 20 ribu rupiah tapi itu sifatnya sukarela....

Utk nyebrang ke pulau sempu dgn perahu butuh waktu berapa lama sob?

kalau untuk menyeberang ke pulau sempu hanya 15 menit saja sob, tapi untuk menuju ke segara anakan butuh waktu minimal 1 jam...

Sewa Mobil / Rental Mobil Murah dg sopir di Malang 03417719717 + 081234328192
TIRTASARI TRANS TRAVEL
SPECIAL City tour malangraya batu
Sewa Mobil / Rental Mobil di Malang Dengan Biaya Murah Dan Armada Kendaraan Yang Lengkap. Berpengalaman dan Terpercaya, Selalu Siap Mengantarkan Perjalanan Bisnis, keluarga Dan Wisata Anda Baik Di Dalam Maupun Luar Kota.
1. Kami siapkan paket sewa 12 jam, 24 jam dan atau menyesuaikan dengan keperluan selama di malang raya
2. Paket wisata serta informasi obyek wisata serta hal yang menarik untuk di kunjungi pasti akan kami informasikan guna efektif dan efesienya waktu wisatawan .
3. Sopir akan selalu memberi informasi tempat tempat atau jalur pintas guna menghindari kemacetan
4. Nyaman berwisata serta menyenangkan selama berkendaraan adalah prioritas kami
5. Dapatkan Informasi hotel atau penginapan serta kuliner juga tidak lupa oleh oleh khas kota malang
Harga flexible dan tidak mahal , kami sangat menghargai waktu dan kenyamanan dalam berkendaraan :
Contact person : anwar 03417719717 081234328192

sob penyewa'an perahu itu 100rb perorang apa kelompok ,.
kalau misalnya 10 orang penyewa'anya berapa ,..??
terus bayar sekali kan itu , dan berlaku pulang pergi..??

100 ribu itu satu perahu berlaku pulang pergi, kalo penumpangnya 2 orang pun juga 100 ribu sob....

maksimal berapa hari gan.. untuk bisa menginap di pulau sempu...........rencana puasa kita berangkat........

tergantung sobat bisa bawa berapa banyak air tawarnya, soalnya disana gak ada air tawar sob, ibarat kalau nginep 6 orang bawa 2 galon air, cuma cukup buat nginep sehari

gan kalo saya gak punya tenda, di sana ada yang sewain tenda gak?

Back To Top