Aku sempat bingung dan mencari-cari rute perjalanan dari Surabaya ke Pulau Sempu, waktu akan liburan kesana. Maklum aku belum pernah ke pulau indah yang ada di Malang Selatan ini. Akhirnya aku dan sobatku dengan bondo nekat menuju ke Pulau Sempu dari Kota Surabaya. 

Ada 2 alternatif yang bisa digunakan yaitu dengan menggunakan angkutan umum atau dengan kendaraan pribadi. Waktu itu aku berangkat menggunakan motor tercinta Supra X125 yang sangat bandel (promosi nih yeh), yang pernah menemani aku touring ke Bali 2 kali. Berikut rute perjalanan Surabaya ke Pulau Sempu melalui Pantai Sendang Biru :

Menggunakan Kendaraan Pribadi :

Dari Surabaya ---> ke Sidoarjo ---> dilanjut lewat Porong dan Lumpur Lapindo --> Pandaan --> Purwosari --> Lewat Kebun Raya Purwodadi --> Lawang --> Singosari --> Sampai di Kota Malang menuju ke Gadang --> dari Gadang lurus saja terus belok kiri ke Pabrik Gula Krebet ---> lurus saja mengikuti papan petunjuk jalan menuju Sendang Biru --> Sampai di Pabrik Pindad belok kiri terus ikuti jalan dan petunjuk arah ke Sendang Biru --> 


Menuju Perbukitan
Sampai di Turen, lalu lurus saja mengikuti jalan utama menembus perbukitan yang berliku-liku dan sangat menanjak sepanjang 30 kilometer di Sumbermanjing --> Keluar dari jalan perbukitan, sampai di Desa Sumbermanjing --> Masuk lagi ke perbukitan sejauh 14 kilometer --> sampai di Pantai Sendang Biru --> lapor kepada petugas dan minta surat ijin menyeberang ke Pulau Sempu menggunakan Perahu sewa dengan tarif Rp 100.000 --> Setelah menyeberangi selat Sempu sampai Pantai Semut, Pulau Sempu --> trekking dari pantai Semut ke Segara Anakan selama 1 jam --> sampai di Segara Anakan.

Kalau menggunakan kendaraan pribadi dari Surabaya ke Sendang Biru membutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalanan. Itupun tergantung kondisi jalannya macet atau tidak.

Menggunakan Angkutan Umum :

Dari Surabaya naik bus antar kota di Terminal Bungurasih --> Turun di Terminal Arjosari, Malang ganti angkutan, naik bemo jurusan Terminal Gadang (bemo kode AMG, AG, atau yang lain yang penting nyampe di Terminal Gadang) --> Sampai di Terminal Gadang naik angkutan jurusan Turen --> Sampai Turen ganti angkot lagi jurusan ke Pantai Sendang Biru -->Dari Sendang Biru menyeberang menggunakan perahu ke pulau Sempu (ongkos perahu Rp 100.000) --> menyeberangi selat Sempu sampai ke Pantai Semut, Pulau Sempu --> trekking selama 1 jam menuju Segara Anakan --> sampai deh....

Kapal-Kapal Pengantar
Perjalanan dari Surabaya ke Sendang Biru menghabiskan dana tidak lebih dari Rp 40.000/orang, namun waktu tempuh lebih lama dibanding menggunakan kendaraan pribadi karena harus ganti-ganti angkot, dan biasanya angkot baru berangkat setelah penumpang penuh kecuali bus kota.

Sebenarnya untuk menuju Pulau Sempu melalui Sendang Biru tidaklah susah, karena di setiap persimpangan jalan terdapat papan petunjuk menuju Pantai Sendang Biru ini, jadi tidak usah kuatir akan tersesat.

Tagged: ,

Comments
6 Comments

6 comments:

  1. Hi dear friend, I`m here now and wish you a beautiful morning. Hugs. ♥ ♫ ☼ ♪ ☺ ♥ http://fotisbazakas.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you soo much, and God bless you...

      Delete
  2. berapa biayanya mas total dari sby

    ReplyDelete
  3. terima kasih infonya,
    saya biasanya dari gresik ke sempu, nggandol alias numpang" truk

    ReplyDelete
  4. terima kasih infonya jadi teringat kembali :)

    ReplyDelete
  5. itu bener ya ongkos perahu Rp 100.000

    ReplyDelete