Jalur Trekking ke Segara Anakan, Pulau Sempu

Jalur Trekking ke Segara Anakan, Pulau Sempu

Rute atau jalur trekking menembus hutan liar ke Segara Anakan yang ada di Pulau Sempu sebenarnya tidak begitu sulit. Itu terlihat dari banyaknya pengunjung perempuan yang bisa sampai di Segara Anakan ini. Bahkan tidak sedikit anak kecil yang berada di laguna nan indah ini.

Segara Anakan berada di sebelah selatan Pulau Sempu yang memiliki luas 877 hektar ini. Sedangkan perahu nelayan yang menyeberangkan kita merapat di Pantai Semut yang berada di sebelah barat pulau ini, sehingga untuk menuju ke Segara Anakan yang ada di sebelah selatan, kita harus menyusuri hutan lebat yang merupakan cagar alam ini. Berikut jalur trekking menuju Segara Anakan :

Di Pantai Semut
Turun dari perahu di Pantai Semut yang berpasir putih. disini sobat bisa berfoto dengan latar belakang pohon bakau yang tumbuh di tepi pantai --> menembus hutan melalui jalan setapak, sekitar 100 meter dari Pantai Semut kita akan menjumpai 2 buah batang pohon besar yang roboh dan melintang di jalur tersebut, cocok buat objek foto --> 

Batang Pohon Roboh
Sekitar 25 menit berjalan kita akan menjumpai jalan setapak yang penuh dengan akar-akar pohon yang keluar dari tanah --> di tengah perjalanan kita akan menjumpai lagi 2 buah batang pohon besar yang roboh dan menutupi jalan, kita harus melompatinya untuk melewati batang pohon ini --> 

Akar-Akar Pohon
Sekitar 55 menit berjalan kaki, kita sampai disebuah jalan yang sangat sempit yang berukuran kurang dari 50 sentimeter yang cukup berbahaya karena sebelah kanan jalan ini adalah air laut. Harus hati-hati bila melewati jalan ini, kita bisa berpegangan di dahan-dahan pohon atau akar-akar pohon agar tidak jatuh --> setelah sekitar 1 jam lebih dalam perjalanan akhirnya Segara Anakan sudah terlihat didepan mata --> Sebuah pemandangan alam yang sangat ISTIMEWA......

Untuk melewati atau trekking ke Segara Anakan ini lebih baik memakai celana pendek dan kaos oblong, agar tidak mengganggu pergerakan kita. Untuk alas kaki lebih baik menggunakan sepatu kets yang anti slip, atau bila kuat bisa tanpa alas kaki. 

Segara Anakan Dari Jauh
Bila sobat tidak menginap, lebih baik balik dari Segara Anakan jangan sampai terlalu sore, karena gelap dan pastinya membahayakan apalagi kalau sobat dari luar kota Malang yang pulangnya harus melewati jalanan perbukitan naik turun yang sangat melelahkan di Desa Sumbermanjing itu.




4 comments:

  1. Segara Anakan ini apa kurang dikenal Masyarakat ya soB. Temen2 saya kok baru dengar, dan ada satu temen yang asli Turen, Malang tak tanya kok juga gak tau. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya kalo sekarang sih sudah lebih dikenal, tapi letaknya yang jauh dari kota dan akses menuju kesana cukup melelahkan, jadinya pulau sempu ini masih belum dikenal secara luas...

      Delete
  2. baru denger sob tentang Segara Anakan, aku taunya segara anak yg ada di Rinjani hehehe... jdi penasaran nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kesini aja gan pasti seru,dan gak akan menyesal deh....

      Delete

Contact Us

Name

Email *

Message *

Arsip Blog