Air Terjun Grojogan Sewu di Tawangmangu merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Karanganyar, letaknya relatif dekat dengan Telaga Sarangan yang ada di Kabupaten Magetan. Air terjun ini berada di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Air terjun ini berada di lereng Gunung Lawu yang juga bagian dari Hutan Wisata Grojogan Sewu.

Kawasan Hutan Wisata Grojogan Sewu sendiri memiliki luas 20 hektar yang ditumbuhi pohon-pohon pinus dan tumbuhan lainnya serta merupakan habitat dari ratusan kera jinak yang ada di hutan ini. Bila sobat mengunjungi kawasan air terjun ini, harap hati-hati karena kera-kera disini suka usil dengan mengambil atau merampas makanan yang dibawa oleh pengunjung. Terdapat juga kolam renang, tempat istirahat, MCK, kios makanan dan lain-lain di hutan wisata ini.

Air Terjun Grojogan Sewu
Kembali ke air terjun. Air terjun yang terletak 27 km arah timur kota Karanganyar ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Meskipun bernama Grojogan Sewu atau air terjun seribu bukan berarti jumlah air terjunnya seribu buah. Disini terdapat satu air terjun utama dan beberapa titik air terjun lainnya. 

1.250 Anak Tangga
Untuk menuju lokasi air terjun kita harus menuruni anak tangga yang tersusun rapi yang berjumlah 1.250 buah. Di beberapa belokan anak tangga terdapat gazebo atau tempat beristirahat bagi pengunjung yang capek atau lelah. Selama perjalanan menuruni anak tangga kita bisa menikmati pemandangan khas hutan pinus untuk mengusir rasa lelah. Dari kejauhan suara gemuruh air yang jatuh dari atas terdengar jelas.

Papan Nama
Setelah lelah melewati ribuan anak tangga, pemandangan air terjun tertinggi di Jawa Tengah ini menghampar di depan mata. Bila ingin melihat air terjun lebih dekat, kita harus melewati bebatuan tajam dan besar. Sebenarnya untuk mendekati air terjun ini sudah ada larangan, namun banyak pengunjung yang tak menghiraukannya. Disarankan untuk tidak berenang atau berendam di bawah pancuran air terjun karena derasnya air yang jatuh bisa melukai tubuh.

Kera Di Grojogan Sewu
Bila pengunjung ingin berenang, di sekitar air terjun terdapat 2 kolam renang yaitu untuk dewasa dan anak-anak. Di sekitar air terjun banyak penjual makanan sate kelinci dan sate ayam yang merupakan makanan khas objek wisata ini seperti yang terdapat juga di Telaga Sarangan.

Anak Tangga
Fasilitas lain yang ada di kawasan ini antara lain kios cenderamata, musholla, toilet, penjual bunga abadi edelweiss, taman bermain anak, taman binatang hutan dan sarana outbound seperti flying fox juga ada disini. Selain itu ada persewaan kuda untuk berkeliling di hutan wisata ini.

Untuk menuju ke kawasan air terjun ini, bila dari Kota Solo membutuhkan waktu 1,5 jam. Bila dari terminal Tawangmangu cukup berjalan kaki sejauh 1 kilometer, atau bila ingin naik kendaraan umum juga ada. Tiket masuk lokasi ini sebesar Rp 6.000/orang.

Tagged:

Comments
11 Comments

11 comments:

  1. wah tawangmangu memiliki air terjun yang mantap ya sob,terima kasih sudah berbgi info

    ReplyDelete
  2. bro follback blog saya > http://liong-seo.blogspot.com/ aya udh follow disini, dengan nama liong outsider, ditunggu follbacknya, awas klo ndak follback, hehehe, suksma :)

    ReplyDelete
  3. tak kirai tawangmangu isinya cuma tanaman obat doank,...hehe
    jgn lupa mampir http://cerdikberinvestasi.blogspot.com/2012/10/avo-inc-profit-3hari-selama-90-hari.html

    ReplyDelete
  4. Keren tempatnya neh, Pengen jalan-jalan ke situ!

    ReplyDelete
    Replies
    1. berangkat aja gan, deket kok tempatnya....

      Delete
  5. wah..terimakasih sekali udah bagi infonya :)

    ReplyDelete
  6. trims buat temen 2 bisa mampir tempatku

    ReplyDelete
  7. Info yang bagus gan...

    Karena aq pengaggum air terjun...

    ReplyDelete