Tips Menjadi Backpacker Sejati

Backpacker bagi sebagian orang adalah berwisata dan berpetualangan.Dan bagi sebagian backpacker, tempat tujuan bukanlah maksud utama bepergian, justru perjalanan menuju tempat tersebutlah yang mempunyai arti tersendiri.Berbagai pengalaman menuju tempat itulah yang sekarang banyak dicari.Orang sudah tidak tertarik lagi bepergian menggunakan pemandu wisata atau mengikuti paket perjalanan, Backpacking-lah yang sekarang menjadi minat mereka.


Backpacking akan lebih menyenangkan bila dilakukan dengan persiapan yang matang terlebih dahulu karena tanpa persiapan yang matang backpacking pun akan jauh dari harapan.Berikut tips-tips menjadi seorang backpacker sejati yang handal yang akan membuat perjalanan berwisata dan berpetualangan anda lebih menarik.

  • Pakailah ransel.Selain agar absah disebut backpacker, juga karena ransel praktis diajak kemana pun.Dengan ransel, kedua tangan anda bebas melakukan tugas lainnya, termasuk bergelayutan di bus kota.
  • Banyak punya teman.Menginap di rumah teman bisa menjadi salah satu cara menghemat biaya akomodasi.Juga, memudahkan anda untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan, yang kadang-kadang tidak ada di Tourist Guide Book.
  • Rajin berkenalan di jalan.Sesama backpacker biasanya saling mengerti dan bisa diajak berbagi kamar dan ongkos perjalanan, lumayan untuk menghemat biaya.
  • Latih perut agar tidak manja.Anda bisa makan apa saja, kapan saja, dan dimana saja.Jangan pernah berpikir untuk menikmati makanan lezat di restoran mewah bila anda seorang backpacker.
  • Berpeganglah pada prinsip : Backpacking itu menyenangkan.Karena tidak terpatok pada jadwal dan keterbatasan waktu untuk berada di satu objek, tidak terikat pada tata tertib bila pergi berombongan, dan bila pergi dengan sesama backpackers pun karena sudah sejiwa, anda akan merasa senang.
  • Kuasai peta.Pelajari peta atau petunjuk untuk mengetahui daerah yang akan anda jelajahi dan perkirakan waktu yang akan ditempuh untuk di lokasi tujuan.Berikan ekstra waktu untuk kemungkinan penundaan-penundaan.
  • Pentingnya izin.Dapatkan izin-izin yang diperlukan dan pelajari lokasi-lokasi untuk bertenda, cek aturan lokal untuk menghindari denda.
  • Pahami Destinasi.Pelajari pola cuaca daerah tersebut untuk setahun dan akomodasi.Selalu bersiap untuk kemungkinan cuaca terburuk.Ingat, sangat mudah berkeringat, bahkan di musim dingin, oleh karena itu berpakaianlah yang sesuai.Bersiaplah untuk kondisi yang berubah-ubah, suhu berubah ditempat yang tinggi dan pada sore hari.Hindari menggunakan jins atau pakaian katun.Gunakan polypropylene, wol atau material yang cepat kering dan membuang lembab.
  • Kenali peralatan.Kenali peralatan anda sebelum bepergian.Pelajari cara menggunakan tenda.Pelajari bagaimana mengoperasikan pemanas atau kompor sehingga anda tidak terjebak di kegelapan atau hujan memadamkannya.Pelajari apa yang dapat anda bawa dan berapa lama anda membawanya tanpa melelahkan anda.Bawaan anda seharusnya tidak melebihi 25 persen dari berat anda.Jadi, bawalah yang anda butuhkan saja. 
Ini dulu tips dari saya bila anda memiliki tips-tips yang lain bisa disampaikan melalui komentar dibawa ini.
Tag : tips-tips
6 Komentar untuk "Tips Menjadi Backpacker Sejati"

Best Artcle, Sangat menarik, bermanfaat terutama bagi orang yang sering mengkordinir membawa rombongan wisata. TQ

Suka baca artikelnya sob... keren. Kalo pengin dapetin visitor lebih banyak silahkan download Rahasia Master SEO untuk Bisnis Internet semoga bermanfaat.


Salam
Dona Alfian
Rahasia Master SEO untuk Bisnis Internet

sukses bos follow backnya... manteb dah aetikelnya...

waaa,, jadi kngen nii ma tmen" bolang ku stelah baca artikel kakak,,
udh 4 bln aku gag isa ikut bolang,,
huuufh,, sedih :(

Back To Top