Liburan Hemat ke Luar Negeri

Bagaimana cara memperkirakan anggaran untuk jalan-jalan ke luar negeri?.Sebenarnya gampang saja, apalagi sekarang dengan adanya internet, semua informasi dengan mudahnya hadir di depan komputer anda.Untuk memperkirakan dan menghemat anggaran, anda harus membaginya dengan tiga kriteria besar, yaitu transportasi, akomodasi dan makanan.

Tentukan anggaran minimum yang diperlukan untuk transportasi, akomodasi dan biaya makan sehari-hari, kemudian lebihkan sekitar 30 persen untuk berjaga-jaga.Dengan adanya anggaran awal, anda akan mendapat batasan dan terhindar dari biaya-biaya yang tidak perlu.Hal-hal yang perlu diperhatikan bila akan berlibur dengan hemat :
  • Transportasi


Anggaran untuk transportasi mencakup tiket pesawat dan transportasi dalam kota.Totalkan semua harga tiket pesawat, kereta api, atau bus.Tidak perlu langsung booking, yang penting anda tahu dulu harganya.Jangan lupa mencari-cari informasi tentang transportasi alternatif yang mungkin jauh lebih murah dibandingkan naik pesawat.


Jadilah fleksibel terhadap waktu keberangkatan dan destinasi wisata.Tiket transportasi biasanya lebih murah apabila anda berangkat atau pulang di hari kerja daripada saat akhir pekan.Pesan tiket di jauh-jauh hari dan bandingkan harga tiket antara maskapai penerbangan.Biasanya maskapai penerbangan sering memberi diskon bila kita memesannya jauh-jauh hari.

Gunakan transportasi publik untuk mengunjungi berbagai tempat wisata.Hindari menggunakan taksi sebisa mungkin, gunakan moda transportasi lokal untuk mendapatkan pengalaman hidup seperti warga setempat.Gunakan kereta api atau bus untuk perjalanan jauh dilokasi wisata daripada menggunakan pesawat karena harganya relatif lebih mahal.

Bertanyalah pada staf hostel atau tempat anda menginap tentang biaya standart transportasi dalam kota sehingga anda akan terhindar dari penipuan oleh pengemudi kendaraan umum yang nakal.Hindari menggunakan jasa porter di bandara karena sedikit banyak akan mengurangi kantong anda.

  • Akomodasi

Kumpulkan informasi dari internet mengenai penginapan mana saja yang sesuai anggaran anda.Bila anda mem-booking dari internet, cek lagi harganya bisa jadi website penginapan yang anda pilih tadi lebih murah daripada anda memesan langsung di website aslinya.

Carilah penginapan yang strategis dan dekat dengan berbagai obyek wisata.Hal ini akan menghemat biaya transportasi anda.Apabila anda memiliki waktu transit yang lama ke penerbangan selanjutnya, bermalam di bandara juga tidak ada salahnya.Lihat website Sleeping in Airports untuk tips-tips bermalam di bandara beserta informasi detailnya.

  • Makanan

Anggaran untuk makanan mencakup makan dan minum selama di jalan, juga cemilan.Misalnya anggaran makan anda batasi sehari Rp 50.000, sudah termasuk makan pagi, siang, malam dan juga cemilan.Makanlah di restoran lokal atau kaki lima, terkadang tempat makan unik dan favorit hanya diketahui oleh warga lokal, tanyalah kepada warga lokal yang anda temui di jalan.
Belilah air mineral dalam botol besar daripada membeli banyak dalam botol kecil karena lebih mahal.

  • Tujuan Wisata

Rencanakan rute wisata anda secara efektif dan efisien, menggunakan Google Earth untuk merencanakan rute perjalanan akan menghemat waktu dan uang anda.Ambillah peta gratis di pusat informasi turis.Banyak disediakan peta gratis di bandara internasional maupun di hotel-hotel.

Carilah informasi obyek-obyek wisata gratis.Banyak obyek wisata menarik yang tidak memerlukan biaya tiket masuk sehingga menghemat pengeluaran anda.Hindari Tourist Spot sebisa mungkin.Semua yang ada di tourist spot pada umumnya mahal.Hindari paket wisata jika memungkinkan.Paket tur kadang hanya melelahkan, alih-alih menyenangkan karena jatah waktu untuk menjelajahi sebuah obyek wisata sering dibatasi sehingga terkadang anda kurang puas.Sewalah kendaraan lokal seperti sepeda atau motor untuk menjelajahinya.

  • Dokumen Perjalanan

Setelah berhasil membuat anggaran utama, sekarang anda harus mencari informasi tentang biaya pembuatan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk ke luar negeri.
Setelah semua anggaran tercatat dan terhitung secara kasar, lebihkan sekitar 30 persen untuk dana cadangan.Ini penting, anda tentunya tidak mau liburan anda berantakan karena kekurangan uang di perjalanan, bukan?.

  • Belanja

Oleh-oleh tidak perlu mahal yang penting berkesan.Beberapa oleh-oleh yang murah, namun tetap unik adalah kartu pos, bros, gantungan kunci, t-shirt, scarf, cokelat dan cemilan tradisional.Carilah oleh-oleh yang mencerminkan lokalitas daerah setempat.

Belilah oleh-oleh di pasar tradisional dan tawar harganya semurah mungkin.Tawarlah 50 persen dari harga awal.Akan tetapi lihat juga kualitas dan harga awal barangnya, jangan sampai anda menawar keterlaluan karena akan menyinggung si penjual.

Bawalah alat komunikasi seperti handphone dan kartu ATM untuk berjaga-jaga bila uang tunai anda kehabisan, serta bawalah kamus bila anda kurang paham akan bahasa setempat.

Tag : tips-tips
5 Komentar untuk "Liburan Hemat ke Luar Negeri"

Ijin pasang bannermu sob, konfirmasi yaa

mantap ne sob....numpang baca2 ya sob...

oke trima kasih atas kunjungannya....

Ikuti kontes SEO Rgopoker 2014 dengan total hadiah 32juta rupiah.. untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi www.kontes-seo-rgopoker.com, terima kasih atas partisipasi anda

Back To Top